Google

Sketsa Foto Menggunakan Pensil Warna

Membuat gambar foto menjadi sebuah sketsa yang benar-benar mirip tidaklah mudah dilakukan. Jika ingin mendapatkan hasil yang bagus dan benar-benar mirip wajah aslinya, harus dilakukan oleh seniman yang ahli dan berpengalaman lama.
Namun seiring dengan kemajuan teknologi, Anda pun bisa membuatnya dengan hanya melakukan beberapa langkah mudah saja di atas Adobe Photoshop. Berikut ini adalah beberapa langkah mudahnya membuat sketsa wajah berwarna dengan menggunakan program Adobe Photoshop 7.

1. Bukalah Foto Asli
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka foto yang Anda inginkan untuk dijadikan sketsa berwarna pada halaman Adobe Photoshop. Untuk fotonya, usahakanlah untuk menggunakan foto close-up atau foto yang objek utamanya adalah wajah seseorang yang ingin Anda jadikan sketsa. Jangan gunakan foto yang banyak pernak-pernik lain di dalamnya seperti foto dengan background pemandangan yang menonjol atau foto seseorang yang berjarak jauh. Untuk membukanya, kliklah menu File|Open…kemudian arahkan ke folder tempat gambar tersebut disimpan. Kliklah tombol Open, maka foto Anda langsung terbuka.
2. Duplikasi Foto Asli
Setelah foto asli Anda terbuka, langkah selanjutnya adalah menduplikasi foto tersebut menjadi sebuah layer baru. Tujuannya adalah untuk menutupi layer yang asli dengan layer baru yang akan dimodifikasi lebih lanjut. Cara menduplikasinya, klik dan seretlah thumbnail layer yang asli ke icon < >, kemudian lepaslah pada icon tersebut. Sesaat kemudian akan terbentuk sebuah layer baru yang merupakan duplikasi dari layer aslinya. Selain cara ini, Anda juga dapat membuatnya dengan cara mengklik menu Image|Duplicate… setelah itu klik tombol OK. Jadilah layer baru.
3. Balik Warna Gambar
Setelah layer duplikat selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah melakukan pembalikan polarisasi foto Anda ini. Setelah pembalikan ini, foto Anda akan tampak seperti sebuah film negatif yang didominasi oleh warna hitam dengan sedikit warna-warna dominan yang dibalik. Untuk membalik layer duplikat ini kliklah menu Image|Adjustments|Invert. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan foto Anda tampak seperti film negatif. Langkah ini juga bisa Anda lakukan dengan cara menekan tombol CTRI + I, foto negatif juga bisa Anda dapatkan.
4. Hilangkan Warna
Setelah jadi sebuah film negatif, langkah selanjutnya adalah menghilangkan seluruh warna yang ada pada foto tersebut. Tujuannya adalah agar bisa tampak seperti sebuah sketsa nantinya. Untuk menghilangkan semua warna yang ada ini kliklah menu Image|Desaturate. Atau Anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan tombol shortcut CTRL + Shift + U. Setelah Anda lakukan semuanya, foto Anda sama sekali tidak memiliki warna yang tersisa sehingga tampak seperti sebuah film negatif yang tidak berwarna.
5. Ubah Mode Blending
Untuk melakukan proses selanjutnya, Anda perlu mengubah mode blending dari layer duplikasi. Tujuannya adalah agar pewarnaan layer duplikasi dengan layer aslinya menyatu. Untuk mengubahnya, Anda tinggal mengklik dropdown menu yang ada tab Layers (secara default isi dari dropdown menu ini adalah Normal). Setelah diklik, di dalamnya terdapat banyak opsi blending mode, pilihlah opsi Color dodge. Sesaat kemudian, maka layer duplikat Anda telah menyatu warnanya dengan layer aslinya sehingga menciptakan sebuah gambar perpaduan yang unik.
6. Berikan Efek Blur
Proses yang terakhir adalah memberikan sedikit efek blur pada gambar yang kini telah terbentuk menjadi lebih unik. Efek blur pada layer duplikat yang telah diubah mode blending-nya akan memberikan foto Anda ini sedikit warna-warna foto aslinya. Hal ini dapat terjadi karena foto aslinya memang masih ada di bawah layer duplikat tersebut. Untuk memberikan efek blur, kliklah menu Filter| Blur|Gaussian blur… Setelah muncul jendela pengaturannya, aturlah nilai Radius sesuai dengan yang Anda inginkan. Namun perlu diingat, semakin tinggi nilainya, maka wujud pewarnaan aslinya akan semakin tampak.
7. Sketsa Berwarna Anda Siap
Setelah semua pengaturan Anda lakukan, maka sebuah efek sketsa foto Anda dengan menggunakan pensil warna telah selesai dan dapat Anda nikmati. Sketsa tampak cukup nyata dan bisa dikatakan sama sekali tidak ada perubahan pada wajah objeknya. Anda bagaikan seorang seniman profesional yang mampu membuat sketsa dengan sangat akurat. Namun yang perlu diperhatikan adalah pengaturan efek blur yang tadi Anda lakukan, tidak boleh terlalu tinggi nilai radiusnya karena akan menyebabkan sketsa tampak kembali seperti foto. Selamat menikmati! Emang kue

  © Blogger templates Inspiration by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP